Jumat, 05 Agustus 2011

Khasiat Belimbing Wuluh

Belimbing sayur atau dikenal dengan nama belimbing wuluh, termasuk bumbu yang berasal dari buah. Buah ini banyak dijual di pasar tradisional atau di halaman rumah, dan termasuk tanaman pekarangan. Belimbing wuluh biasanya dipakai untuk memberi rasa asam pada masakan, misalnya sayur asem. Pilih belimbing wuluh yang tua dan berwarna hijau segar, setelah itu belah atau iris tipis-tipis sebelum dimasukkan dalam masakan.

Belimbing wuluh dapat dibuat manisan. Caranya, tambah belimbing wuluh dengan gula pasir dan air, kemudian masak hingga gula pasir meleleh dan terserap oleh belimbing wuluh.

Belimbing wuluh ternyata juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Caranya, belimbing wuluh segar dibuat jus, tambahkan madu, lalu diminum. Belimbing wuluh yang tua juga dapat dipakai untuk mencuci peralatan dapur yang terkena noda menempel, seperti piring, mangkuk, gelas atau botol yang terbuat dari kaca atau beling. Caranya, gosokkan belimbing wuluh yang telah dipotong pada noda yang menempel, kemudian cuci dengan air sabun, dan bilas dengan air bersih. Kini, peralatan dapur pun akan kembali bening dan mengkilap.

mr.suprastyo@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar